Cara Membuat Kaos / T shirt Dengan Printer

Pengen bikin T-shirt sendiri?? Caranya gampang loh, abis itu itung itung menghemat lah, haha  Bahan-bahan yang diperlukan untuk menggambari kaos sangatlah mudah, hanya :
1. t-shirt polos

2. printer ink – jet warna

3. kertas t-shirt transfers atau baking paper t-shirt


4. Setrika Listrik

5. Program untuk menggambar, bisa Ms.Word, paint, Photoshop, dll (di sini kita pakai ms.word)
Untuk bahan kertas transfer, yang bisa memindahkan hasil cetakan printer ink – jet ke kain dengan bantuan setrika panas, Anda harus membelinya satu pak, yang berisi sepuluh lembar.
Untuk membuatnya, ikutilah langkah-langkahnya sebagai berikut :
Langkah 1:
Bukalah software Microsoft Word, aturlah besarnya kertas dengan mengklik menu [File] [Page Setup] sehingga terbuka dialogue box. Kliklah tab [Paper Size] dan aturlah ukuran kertas menjadi A4. Buatlah formatnya menjadi Landscape atau mendatar, setelah itu klik tombol [Ok].
Pada lembar kerja kosong ini masukkan gambar. Bisa menggunakan gambar yang sudah tersedia diClip Art atau Anda bisa menggunakan gambar lain sesuka hati Anda yang sudah tersedia di folder Anda.
Agar gambar mudah digeser-geser, klik kanan dengan mouse, lalu [Format Picture]. Setelah muncul dialogue box, kliklah tab [Layout], dengan pilihan icon [In Front of Text], berupa anjing hitam diatas deretan garis abu-abu.
Untuk memasukkan text, gunakanlah [Insert] [Text Box]. Agar penanganan teks lebih mudah, hilangkanlah garisnya dengan mengklik kanan, lalu [Format Text Box]. Setelah muncul dialogue box kliklah tab [Layout], dengan pilihan [In Front of Text]. Lantas masukkanlah teks, sebaris saja, dengan jenis dan ukuran font kesukaan Anda. Begitu pun warnanya.
Langkah 2:
Dengan petunjuk pada Langkah 1 tadi, hasil yang kita peroleh adalah sebagai berikut :
(Untuk melihat hasil yang lebih bagus, lihatlah dari [File] [Print Preview] )
Langkah 3 :
Bila sudah yakin dan puas dengan desain tersebut, sekaranglah saatnya mencetak.
Ambillah kertas transfer dari kemasannya, dan pasanglah pada printer. Ingat, jangan sampai terbalik. Bagian punggung kertas, yang bukan bidang cetak biasanya ditandai dengan garis dan atau tulisan. Bidang cetak harus menghadap ke atas.
Setelah itu klik [File] [Print], lalu pada dialogue box kliklah [Properties]. Pada [Media Type] pilihlah [T-Shirt Transfers]. Pilihan ini secara otomatis akan menghasilkan cetakan yang terbalik (mirror), seperti melihat pantulan gambar pada cermin. Pilihlah kualitas cetak standar, bukan draft.
Apabila pada pengaturan [Properties] Anda tidak ada fasilitas seperti yang dicontohkan diatas, maka pada tab [Features] klik [Orientation] pilih Potrait, dan centang pada Flip Horizontal. Maka Anda akan mendapatkan hasil print seperti pantulan gambar pada cermin juga.
Yakin semuanya siap…?? Klik [Aplly], lalu [Ok].
Pilihan menu printer properties satu merek printer dengan yang lain kadang agak berbeda, namun secara prinsip pencetakan hampir sama.
Langkah 4 :
Nanti gambar Anda akan terbalik. Memang harus begitu, karena gambar dan teks itu nanti akan dipindahkan ke kaos polos Anda.
Langkah 5 :
Ambillah kaos yang sudah disiapkan, setel lah setrika Anda pada level medium. Ratakanlah kaos terlebih dahulu dengan menyetrikanya. Setelah kaos mendingin, tumpangkanlah kertas transfer yang telah tercetak.
Jagalah agar permukaan kaos tak bergelombang. Bila perlu diganjal karton lunak.
Lalu setel setrika pada level maksimum. Gosok pelan-pelan, dengan sedikit tekanan, bidang demi bidang, sesuai garis panduan, dari atas ke bawah dan sebaliknya, kira-kira selama 15 detik. Setelah itu digosok dari kiri ke kanan, dan sebaliknya, kira-kira 15 detik.
Langkah 6 :
Letakkan setrikaan, tunggulah sekitar 3 menit agar kertas transfer mendingin. Lalu lepaslah, seperti melepas stiker, dengan perlahan. Satu tangan melepas kertas, tangan lain menahan kaos agar tak terangkat.
Bila ada bagian yang belum menempel rata, rapatkan lagi kertasnya, dan gosok lagi dengan setrika.
Langkah 7 :
Kaos sudah selesai digambari. Tunggu sampai baju dingin, baru dipakai. Disain kaos yang Anda buat sudah selesai dan siap untuk dipakai oleh Anda dan keluarga. Jangan lupa menyesuaikan ukuran kaos dengan orang yang akan memakainya. Selamat mencoba….!!
Nah gitu caranya gampang kan?? biar lebih gampang saya kasih videonya
bagian1
Bagian 2
Info lain:
pas ngeprint, pake settingan quality nya BEST, biar hasilnya maksimal. Untuk kaos, bisa pake kaos biasa aja yg bahannya halus, jangan pake yg kaos POLO, udah di coba, hasilnya agak jelek, karena bahannya kasar banget. Dan kalau masalah dicuci, warna gak akan luntur, caranya, setelah dicetak, baju langsung dijemur aja, baru dicuci (jangan dikucek terlalu kasar)  kalo dah kering, ya sama kayak kaos biasanya :D
beli kertasnya kalo saya di toko buku, di toko printer, tp katanya ada juga di beberapa supermarket, cuma hrganya lebih mahal. untuk haraga, macam macam, ada yg 15.000 sampai 50.000. makin mahal makin bagus hasilnya
yg saya pake merknya:

-BLUEPRINT (Rp 30.000/pack, isi 10 lbr)
-DATAPRINT T-SHIRT TRANSFER PAPER (Rp 27.500/pack, isi 5 lmbar)
 beli kertasnya kalo ane di toko buku, di toko printer,
tp katanya ada juga di Carefour (blom tau di cabang mana) cuma hrganya lebih mahal

jenis kertas bisa pake kertas transfer atau gk baking paper (warnanya coklat), fungsinya sama

hrganya macem2 ada yg 15.000sampe 50.000
makin mahal makin bagus hasilnya
yg ane pake merknya:
  1. BLUEPRINT (Rp 30.000/pack, isi 10 lbr)
  2. DATAPRINT T-SHIRT TRANSFER PAPER (Rp 27.500/pack, isi 5 lmbar)

info: pas ngeprint, pake settingan quality nya BEST

untuk kaos, bisa pake kaos biasa aja yg bahannya halus,
jangan pake yg kaos POLO, udah ane coba, hasilnya agak jelek, karena bahannya kasar banget

untuk masalah dicuci, warna gk akan luntur,
caranya, setelah dicetak, baju langsung dijemur aja
baru dicuci kalo dah kering,
ya sama kayak kaos biasanya

Hasil akhir yang saya buat sendiri




 sya bisa jualan dari sekarang





Share cara buat chaos distri sendiri
http://adjitutorial.blogspot.com/
http://adjitutorial.blogspot.com/2011/07/cara-membuat-kaos-t-shirt-dengan.html

Recent Posts

 
 
 

Popular Posts

 
Copyright © 2012 A.T.A
Template by Protonema | Bloggerized by Themescook | Redesign by Nubito